PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PERMULAAN 1-10 MELAUI PERMAINAN PUZZLE PIZZA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AR-ROHIM SINDANGWANGI MAJALENGKA

Publikasi Unusia

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PERMULAAN 1-10 MELAUI PERMAINAN PUZZLE PIZZA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AR-ROHIM SINDANGWANGI MAJALENGKA

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PERMULAAN 1-10 MELAUI PERMAINAN PUZZLE PIZZA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AR-ROHIM SINDANGWANGI MAJALENGKA
Penulis: NINA ELIYANA
Abstrak: NINA ELIYANA. NIM. 2015.4.3.1.00479 PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PERMULAAN 1-10 MELAUI PERMAINAN PUZZLE PIZZA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA ARROHIM SINDANGWANGI MAJALENGKA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada Raudlatul Athfal Ar-Rohim rendah. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa yang menunjukan 78,26% anak belum mengenal lambang bilangan 1-10 pada rentang usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 pada Kelompok A Di Raudlatul Athfal Ar-Rohim, Sindangwangi, Majalengka dengan menggunakan media Puzzle pizza angka. Serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada Kelompok A Di Raudlatul Athfal Ar-Rohim, Sindangwangi, Majalengka melalui penggunaan media Puzzle pizza angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Pada Siklus I, Siklus II, dan Siklus III terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Raudlatul Athfal Kelompok A1 Usia 4-5 tahun dengan jumlah 23 anak. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan menggunakan media Puzzle pizza angka dapat berjalan dengan baik dalam setiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil aktivitas guru pada siklus I mencapai 78,6%, (cukup) siklus II 83,4% (cukup), dan siklus III 92,8% (baik). Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 76,2% (cukup), siklus II 83,4% (cukup), dan siklus III 94,04% (sangat baik). 2) Adanya peningkatan kmampuan mengenal lambang bilangan 1-10 setelah adanya pengunaan media Puzzle pizza angka. Hal ini dapat terlihat dari hasil ketuntasan belajar anak pada tahap siklus I 39,2% (Belum Berkembang) dengan rata-rata 50,35 (cukup), siklus II hasil ketuntasan belajar anak 60,9% (Mulai Berkembang) dengan rata-rata 68,09 (cukup), dan siklus III hasil ketuntasan belajar anak 91,4% (Berkembang Sangat Baik) dengan rata-rata 82,9 (baik). Kesimpulanya bahwa penggunaan media Puzzle pizza angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan 1-10
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10, Media Puzzle Pizza Angka Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdKuoLI3LOiN948epcQvzHX5ONUspXiesZlbhmgFJWq2E6q%2F5w8lhGL3I7cN6nveqO%2B2innzuiwxTz1U3F6Tq1NDqVjrTpaCU6Wexo3diV9utSAXu0wqYzfLky1AghgjQxO3Dew5pY8sOJ1e8nTMFqkfOdMaUHrC0Ck%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274208587_skripsi nina ok.pdf 1008.Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274209195_cover nina.jpg 40.51Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BILANGAN PERMULAAN 1-10 MELAUI PERMAINAN PUZZLE PIZZA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AR-ROHIM SINDANGWANGI MAJALENGKA

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya