EFEKTIFITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL-AMIN KERTASARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIFITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL-AMIN KERTASARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
NURYATI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK NURYATI (NIM: 2014.3.2.00181) “EFEKTIFITAS PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL AMIN KERTASARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON”. Skripsi ini membahas efektifitas perminan puzzle terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelomok B di RA Al-Amin Kertasari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi karena rendahnya perkembangan kemampuan mengenal angka atau matematika, pemilihan media permainan puzzle yang tepat sebagai salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka atau matematika. Kemampuan mengenal angka atau matematika merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan pada anak usia dini, agar anak sudah terbiasa dan tidak takut lagi dalam belajar berhitung atau mengenal konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa permainan puzzle efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok B di RA Al Amin Kertasari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif One Group Pre-test Post-test Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpul data tentang efektifitas permainan puzzle (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan mengenal angka. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya hasil dari penghitungan statistik dengan Uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah menggunakan permainan puzzle. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 3,70 e ttabel 2,14 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti pernyataan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektifitas permainan puzzle terhadap kemampuan mengenal angka pada anak kelompok B di RA Al Amin Kertasari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD serta untuk menstimulasi aspek perkembangan anak khususnya perkembangan dalam kemampuan mengenal angka atau matematika. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Angka, Permainan Puzzle
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdIfOsW4tDPh2I8UmwFkWO5826Dy0Fm%2Bl%2FcF4o9zLJAEylsZAVZCegcv36EYe6lbVcpYJcvqT6hu0xKOZH%2Bqj95kdqzypqV6kRFEWEUlY4%2BsmVf1NDpW4bQ7%2F%2BQsmx6QFwiRuGfqaCuQPU3KO6noHG9zMvgIGgI3S%2BA%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap