MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON
Penulis: SYARIFAH KURNIASARI
Abstrak: ABSTRAK SYARIFAH KURNIASARI, NIM. 2014.17.01974 MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs.AN-NUR KOTA CIREBON Skripsi ni membahas Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Hypnoteaching pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs.An-nur Kota Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh rendahnya kreatifitas para guru dalam mengajar di kelas, teeutama terhadap metode yang digunakan guru yang cenderung monoton yang mngakibatkan rendahnya minat belajar para siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Metode Hypnoteaching pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs.An-nur Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Sebab bagi peneliti kualitatif fenomena dapat di mengerti maksudnya secara baik, jika dilakukan interaksi dengan subyek melalui wawancara mendalam dan observasi Selanjutnya dari hasil wawancara dan setelah diadakan observasi yang dilakukan melalui dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi ternyata dengan menggunakan metode hypnoteaching dapat meningkatkan minat belajar para siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terbukti melalui observasi dikelas pembelajaran terlihat hidup, rileks dan antusias belajar siswa tinggi. Dari lembar observasi aktifitas guru maupun siswa di siklus I dan siklus II peningkatan sehingga berdampak pada peningkatan prestasi siswa. Terlihat pada siklus I prestasi siswa mencapai 87,64% artinya terdapat 31 siswa yang tuntas dalam belajar,sedangkan pada siklus II tingkat prestasi siswa mengalami kenaikan lagi mencapai 91,80% yang berarti terdapat 33 siswa tuntas dalam belajar dari 36 siswa. Setelah sebelumnya diketahui dari hasil UTS pra siklus, bahwa ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 50%,yang artinya dari 36 siswa hanya 18 siswa yang tuntas dalam belajar. Penerapan Metode Hypnoteaching diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi siswa di sekolah, dalam upaya merubah cara belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar disekolah minat belajar para siswa di sekolah serta mampu meningkatkan prestasi para siswa Khususnya di MTs.An-nur Kota Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : - Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJxCIjkY8EtvRl3s%2BuK7Aw%2BaFAOiH9H8Xm7i7jwO3Wz5Wr9LS297R0ciP5%2BYctPDWqkknKPxTLBi2BJaHDkrqLmVUiiYYyHGZvGVJkwg2%2BPjmO7G099IeSP4tPfvXNaqBUDDPK%2B72H6HyuYU8Xf%2ByHM4BGzJm1uDMs%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274159098_ilovepdf_merged_5.pdf 1001.Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274159881_1. COVER.pdf 114.7Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE HYPNOTEACHING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTs AN-NUR KOTA CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya