PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI

Publikasi Unusia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI

Tampilkan catatan item sederhana

dc.contributor.advisor Drs. H. Muchlis, M.Pd.I.
dc.contributor.advisor Dra.Hj. Lina Marliani,MA
dc.contributor.author RUHAYATI
dc.contributor.editor RUHAYATI
dc.contributor.other Dr. H. Casta, M.Pd
dc.contributor.other Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd
dc.date.accessioned 2022-05-11T13:02:13Z
dc.date.available 2022-05-11T13:02:13Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-04-29
dc.identifier 2014.17.01949
dc.identifier.uri https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJJl21i8CWNvIfaJrwVzNUMOsquFcigjazZq8Z%2Fs36kS2501b1vSeg1LFQ4e0Qfx2i30bCkKSBwaNA7ICL%2F1kOMlGqBtFcAb%2Ft6XIghC7Lfd32ikQDAqSiHvOh0VlIF%2B1bPkUiEmBrdbg0eGZbU01%2BLreXQ6N3rWDU%3D
dc.description Kata Kunci : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Referensi :
dc.description.abstract ABSTRAK RUHAYATI NIM. 2014.17.01949 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI SkripsiinimembahasPengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeJigsawTerhadapPeningkatanHasilBelajarSiswapada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018.Kajian yang dilatarbelakangiolehsangatberagampengembanganmodel pembelajaran yang masihbelumdimanfaatkansecaramaksimal di lapangan, sehinggamenyebakansuasanabelajar yang monoton, kakudansiswacepatbosan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruh model pembelajarankooperatiftipejigsawterhadappeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisis yang digunakanadalahanalisisdeskriptif.Teknikpengumpulan datadenganmenggunakankuesioneratauangkettentangpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw (X) dandokumentasiuntukmendapatkanhasilbelajarsiswa (Y).Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasi, karenamengambilseluruhsiswakelas XI SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018 dengansubyekpenelitiansebanyak 36 responden.Data penelitian yang terkumpuldianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdaninferensialkemudiandilanjutkandengananalisiskorelasiPearson Product Moment (PPM). Selanjutnya, hasildariperhitunganstatistikuntukmengetahuiseberapabesarnilai KP (KoefisienPenentu) variabel X terhadapvariabel Y, yaitusebesar 79%.Hal iniberartibahwa 79% hasilbelajarsiswapadamatapelajaran PAI dipengaruhiolehpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw.Sisanyayaitusebesar 21% dipengaruhiolehfaktorlain yang tidakditelitidalampenelitianini. Sedangkanuntukmengetahuiadadantidaknyasignifikansidalampenelitianini, setelahdilakukanpenghitunganmakadidapatkannilaiuntuk t hitungsebesar 11,659 dan t tabelsebesar 2,050.Hal inimenunjukkanbahwa Ho ditolakdan Ha diterimasehinggadinyatakanadanyapengaruh yang positifdansignifikan. Penerapanmodel pembelajarankooperatiftipejigsawdiharapkandapatmemberikannilaitambahbagisiswadansekolah.modelpembelajarankooperatiftipejigsawini, diharapkansiswaakanmerubahcarabelajardaripasifmenjadibelajaraktif, dari yang individual menjadibersosialisasidenganteman yang lain. Penelitianini, diharapkanakanmenjadibahaninformasidanmasukkanbagikegiatanbelajarmengajar di sekolahkhususnya di SMK N 1 GunungJati, terutamadalammemberikandorongankepadasiswauntuksenantiasameningkatkanhasilbelajar yang lebihmaksimal. Kata kunci: Model pembelajarankooperatiftipejigsaw, hasilbelajar
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.subject MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI
dc.type Thesis S1


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274134105_SKRIPSI REVISI OK-dikonversi.pdf 1.598Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274135049_COVER.docx 31.16Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item sederhana

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya