PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
Drs. H. Muchlis, M.Pd.I. |
|
dc.contributor.advisor |
Dra.Hj. Lina Marliani,MA |
|
dc.contributor.author |
RUHAYATI |
|
dc.contributor.editor |
RUHAYATI |
|
dc.contributor.other |
Dr. H. Casta, M.Pd |
|
dc.contributor.other |
Ahmad A. Khozim, M.A., M.Pd |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T13:02:13Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T13:02:13Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-04-29 |
|
dc.identifier |
2014.17.01949 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJJl21i8CWNvIfaJrwVzNUMOsquFcigjazZq8Z%2Fs36kS2501b1vSeg1LFQ4e0Qfx2i30bCkKSBwaNA7ICL%2F1kOMlGqBtFcAb%2Ft6XIghC7Lfd32ikQDAqSiHvOh0VlIF%2B1bPkUiEmBrdbg0eGZbU01%2BLreXQ6N3rWDU%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK RUHAYATI NIM. 2014.17.01949 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI SkripsiinimembahasPengaruh Model PembelajaranKooperatifTipeJigsawTerhadapPeningkatanHasilBelajarSiswapada Mata PelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI Di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018.Kajian yang dilatarbelakangiolehsangatberagampengembanganmodel pembelajaran yang masihbelumdimanfaatkansecaramaksimal di lapangan, sehinggamenyebakansuasanabelajar yang monoton, kakudansiswacepatbosan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruh model pembelajarankooperatiftipejigsawterhadappeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam Kelas XI di SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018. Penelitianinimerupakanjenispenelitiankuantitatifdenganmenggunakananalisis yang digunakanadalahanalisisdeskriptif.Teknikpengumpulan datadenganmenggunakankuesioneratauangkettentangpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw (X) dandokumentasiuntukmendapatkanhasilbelajarsiswa (Y).Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasi, karenamengambilseluruhsiswakelas XI SMK N 1 GunungJatiTahunPelajaran 2017/2018 dengansubyekpenelitiansebanyak 36 responden.Data penelitian yang terkumpuldianalisismenggunakanteknikanalisisdeskriptifdaninferensialkemudiandilanjutkandengananalisiskorelasiPearson Product Moment (PPM). Selanjutnya, hasildariperhitunganstatistikuntukmengetahuiseberapabesarnilai KP (KoefisienPenentu) variabel X terhadapvariabel Y, yaitusebesar 79%.Hal iniberartibahwa 79% hasilbelajarsiswapadamatapelajaran PAI dipengaruhiolehpenerapan model pembelajarankooperatiftipejigsaw.Sisanyayaitusebesar 21% dipengaruhiolehfaktorlain yang tidakditelitidalampenelitianini. Sedangkanuntukmengetahuiadadantidaknyasignifikansidalampenelitianini, setelahdilakukanpenghitunganmakadidapatkannilaiuntuk t hitungsebesar 11,659 dan t tabelsebesar 2,050.Hal inimenunjukkanbahwa Ho ditolakdan Ha diterimasehinggadinyatakanadanyapengaruh yang positifdansignifikan. Penerapanmodel pembelajarankooperatiftipejigsawdiharapkandapatmemberikannilaitambahbagisiswadansekolah.modelpembelajarankooperatiftipejigsawini, diharapkansiswaakanmerubahcarabelajardaripasifmenjadibelajaraktif, dari yang individual menjadibersosialisasidenganteman yang lain. Penelitianini, diharapkanakanmenjadibahaninformasidanmasukkanbagikegiatanbelajarmengajar di sekolahkhususnya di SMK N 1 GunungJati, terutamadalammemberikandorongankepadasiswauntuksenantiasameningkatkanhasilbelajar yang lebihmaksimal. Kata kunci: Model pembelajarankooperatiftipejigsaw, hasilbelajar |
|
dc.publisher |
Pendidikan Agama Islam |
|
dc.subject |
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW |
|
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK N 1 GUNUNG JATI |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana