ANALISIS JUAL BELI ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA ONLINESHOP BASIS SVHENT)

Publikasi Unusia

ANALISIS JUAL BELI ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA ONLINESHOP BASIS SVHENT)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: ANALISIS JUAL BELI ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA ONLINESHOP BASIS SVHENT)
Penulis: LAELA SAADAH
Abstrak: Era globalisasi saat ini dari tahun ke tahun suatu perubahan yang terjadi sekarang yaitu adanya kecanggihan teknologi yang berkembang di kalangan masyarakat, dalam fenomena dewasa sekarang ini masyarakat telah mengenal yang namanya kegiatan bidang muamalah salah satunya tentang jual beli online. Sistem jual beli online ini sangat mudah, efektif, efesien, dan praktis tanpa melakukan kegiatan fisik seperti jual beli offline. Jual beli online merupakan permasalahan kontemporer walaupun sangat mudah dan sangat bermanfaat ternyata dapat menimbulkan dampak negatif seperti sekarang ini banyak sekali yang melakukan penipuan, pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dalam menyalah gunakan fasilitas teknologi. Bagimana syariat Islam menanggapinya Maka, terlebih dahulu seorang penjual harus mengetahui dasar-dasar etika menurut ekonomi Islam sehingga kegiatan jual beli online tersebut diperbolehkan dan tidak dapat dipermasalahkan lagi menurut syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap jual beli online. Untuk mengetahui transaksi jual beli online di basis svhent dan untuk mengetahui implikas jual beli di basis svhet setelah melakukan sistem online ini. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, jenis penelitian lapangan (field research). Dengan teknik pengumpulan data dari hasil wawancara, obsevasi, dokumentasi. Selanjutnya dari hasil penelitian, bahwa jual beli online diperbolehkan karna memiliki konteks dan cara yang sama seperti jual beli salam. Transaksi di basis svhent meliputi pemesanan, pembayaran pengiriman. Adapun implikasi jual beli di basis svhent setelah menggunakan sistem online pelaksanaan jual beli lebih mudah pemasarannya cukup dengan mengupload gambar. dengan pemasaran melalui online barang tersebut akan sampai ke berbagai wilayah. Kegiatan jual beli juga bisa dilaksanakan dirumah tanpa memakan waktu lama. Pendapatan dari bisnis online perlahan sudah mengalami peningkatan. Disini peneliti menemukan beberapa hal sebagai bahan pertimbangan tentang memberikan keterangan barang melalui media sosial lebih detail lagi, walaupun dari segi kualitas sudah bagus namun kejelasan barang yang akan ditampilkan di media sosial itu akan lebih berperan untuk kepentingan bagi para pembeli juga. Selama proses transaksi di basis svhent sangat sesuai dengan alur salam, dan penulis menemukan jenis transaksi pembayaran yang dijalankan basis svhent yaitu melalui ATM atau mentransfer antar bank, namun akan lebih baik lagi jenis transaksinya menggunakan rekber (rekening bersama), karena keamanannya sangat terjamin.
Deskripsi: Kata Kunci : Jual Beli Online, Ekonomi Islam Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdJPMImaP0%2Bc6xkBT4g08lWygJE6NodWQ4BJDjRXaNrlRewGAYojboXyMWjtqbKcNKzn7gGKIrk1YSsUYko1mfaimqKV76aHkPbcZRbBZ0rDYFy6j91FnPwNX1Vg%2FpE%2BmnJ1X%2FUAsB%2FOVFhYyEBaKRuwzaiiVCGIcGg%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274132088_skripsi.pdf 2.184Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274133179_img7.jpg 269.2Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis ANALISIS JUAL BELI ONLINE DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA ONLINESHOP BASIS SVHENT)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya