Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penggunaan Media Plastisin di TK Nurul Hidayah Kec. Talun Kab. Cirebon

Publikasi Unusia

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penggunaan Media Plastisin di TK Nurul Hidayah Kec. Talun Kab. Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Penggunaan Media Plastisin di TK Nurul Hidayah Kec. Talun Kab. Cirebon
Penulis: AFIYAH
Abstrak: ABSTRAK AFIYAH (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membentuk Dengan Plastisin (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas B TK Nurul Hidayah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Latar belakang penelitian didasarkan pada aspek perkembangan motorik halus anak yang masih rendah dan harus ditingkatkan. Didasarkan hasil observasi awal pada pra siklus pembelajaran, dari jumlah siswa seluruhnya 18 anak hanya terdapat 3 anak atau 17% siswa yang memiliki perkembangan sangat baik. Jadi, dengan demikian masih terdapat 15 anak atau sekitar 83 % anak memiliki kemampuan rendah. Hal ini dibuktikan mayoritas anak belum mampu melakukan aktivitas fisik secara terkoordinasi dalam rangka kelenturan dan persiapan untuk menulis, sehingga anak masih kesulitan dalam memegang pensil secara baik dan benar. Oleh karena itu media dan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Rendahnya kemampuan motorik halus pada anak di TK Nurul Hidayah dapat ditingkatkan dengan menerapkan metode bermain plastisin dalam pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi dengan intrumen penelitian berupa lembar hasil penilaian untuk mengukur kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK Nurul Hidayah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun jumlah anak didik adalah sebanyak 18 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan tringulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan bermain plastisin. Berdasarkan perolehan hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan. Perolehan hasil belajar siswa pada data siklus II yaitu dari jumlah 18 siswa, yang memperoleh nilai Belum Berkembang (BB) mencapai 1 atau 5% siswa. Kemudian yang memperoleh nilai Mulai Berkembang (MB) 2 atau 11% siswa. Lalu yang memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 atau 17%. Sedangkan yang memperoleh nilai Berkembang Sangat Baik (BSB) pada data pra siklus mencapai 12 atau 67% siswa. Dengan demikian diperoleh data secara keseluruhan mencapai 294 skor atau 82% sehingga telah mencapai target prosentase yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dilakukan dan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di TK Nurul Hidayah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain plastisin.
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Membentuk, Plastisin Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdIFHWxSwm08JD9cu0XU9aGSEZ2QnYpPIMRSJ1viH6Bwr3plH2xcEX7AyZcTDjHRVcofHppgHkV1SxAnsJg%2BTDK6pyGojmC33XDj6lxrV%2B5iX8rjvSsxiZNFSYx83CRsdDaLWkGQmaHnrNLupOgkUTKTMZhd6OHBkZA%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274101351_combinepdf.pdf 2.301Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya