Efektivitas Metode Bercerita Dengan Buku Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di Taman Kanak Kanak Plus Salsabila Kec. Kedawung Kab. Cirebon

Publikasi Unusia

Efektivitas Metode Bercerita Dengan Buku Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di Taman Kanak Kanak Plus Salsabila Kec. Kedawung Kab. Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektivitas Metode Bercerita Dengan Buku Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di Taman Kanak Kanak Plus Salsabila Kec. Kedawung Kab. Cirebon
Penulis: ENDANG PUDJI HARTININGSIH
Abstrak: ABSTRAK Endang Pudji Hartiningsih, NIM: 2014.3.2.00141, ”Efektivitas Metode Bercerita Buku Bergambar dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon”. Penelitian ini membahas tentang efektivitas metode bercerita buku bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kemampuan berbicara anak dalam rangka melatih keterampilan berkomunikasi anak melalui metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti metode bercerita dengan buku bergambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon antara sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita buku bergambar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang: (1) kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon sebelum menggunakan metode bercerita buku bergambar, (2) kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon sesudah menggunakan metode bercerita buku bergambar dan (3) perbedaan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon antara sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita buku bergambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan jenis penelitiannya merupakan penelitian komparatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan tes praktik dan untuk menganalisis datanya menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon sebelum menggunakan metode bercerita buku bergambar adalah 67% “Mulai Berkembang”, sedangkan sesudah menggunakan metode bercerita buku bergambar, kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon meningkat menjadi 73% “Berkembang Sesuai Harapan” dan 27% lainnya “Berkembang Sangat Baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah metode bercerita buku bergambar efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK Plus Salsabila Kedawung Cirebon. Antara sebelum dan sesudah menggunakan metode bercerita buku bergambar, terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan t-hitung yang lebih besar daripada t-tabel, yakni: 8,200 > 2,048.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Efektivitas, Metode Bercerita Buku Bergambar dan Kemampuan Berbicara Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=GtiiN14zpdLKOYeMzF25lD1YUCMcBkN%2BExBYX5eM%2BV%2FKPQUZliYD1WAVpDq4%2Fp84VfmWswQPOw%2Fv%2Bxpi2CqiE5xlBNpMXoqOCl%2Bskxfcx3n%2BDNeh%2BAxeI6OhrL49RPefevlguvmX1nBxM0DkGdpN20QuBPWQ4tWNqzYdSZdZeKk%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274079166_S ... ARTININGSIH_compressed.pdf 1.623Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652274081406_COVER-OK.docx 63.88Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektivitas Metode Bercerita Dengan Buku Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Di Taman Kanak Kanak Plus Salsabila Kec. Kedawung Kab. Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya