Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Desa Klangenan Kab. Cirebon

Publikasi Unusia

Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Desa Klangenan Kab. Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Desa Klangenan Kab. Cirebon
Penulis: YULIANAWATI
Abstrak: ABSTRAK Yulianawati, NIM : 2014.3.2.00299 “Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak AlHijrah Kecamatan Kelangenan Kabupaten Cirebon.” Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemampuan siswa yang kurang berkembang dalam kemampuan berhitung di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah Kelompok B Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi perbedaan penggunaan metode bermain peran terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi perbedaan penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seluruh anak dibidang kognitif khususnya dalam hal matematika, seperti kegiatan mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenai jumlah suatu benda. Penelitian ini didukung oleh teori tentang bermain dan permainan usia taman kanak-kanak sesuai dengan prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, yaitu bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain. Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak diperlukan suatu metode atau media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan mudah, salah satu metode tersebut adalah metode bermain peran. Jenis penelitian ini adalah komperatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dapat diartikan sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positifisme. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan selama dua bulan terhadap 25 orang siswa, adapun teknik pengumpulan dan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan desain Pre-test dan Post-test yang selanjutnya untuk kemudian hiotesis menggunakan uji satu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1). Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah sebelum menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai dengan rata-rata 61,1. 2). Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah sesudah menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai dengan rata-rata 80,2 hasil perhitungan nilai t dibandingkan dengan nilai t tabel , maka t hitung = 5,98 dan nilai t tabel = 2,011 maka t hitung > t tabel . maka dengan demikian terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan berhitung sebelum dan sesudah penggunaan metode bermain peran di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah Kecamatan Klangenan. Dengan demikian implementasi metode bermain peran sangat kuat pengeruhnya untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah.
Deskripsi: Kata Kunci : Bermain Peran, Kemampuan Berhitung Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQPs7i20KOxnIUwpqGtr7XQYQSH3QJEH1vtvRdBvdXKrSu4IPyX%2BVe%2FTSFJenlB3%2BPDffYoJ5z%2Flny2fwgoM972AR0pmt8bnuwIaBQBEdITYq0IOLpCyWC1WMYMzVbO%2FpJkgrpcvfIjrs75nCsHZqSpFbRAWJPuLe14%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652274043108_P ... AK USIA DINI-converted.pdf 900.3Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya