Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Desa Klangenan Kab. Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Pada Kelompok B di Taman Kanak-kanak Desa Klangenan Kab. Cirebon |
Penulis:
|
YULIANAWATI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK
Yulianawati, NIM : 2014.3.2.00299 “Penggunaan Metode Bermain Peran
Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak AlHijrah Kecamatan Kelangenan Kabupaten Cirebon.”
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kemampuan siswa yang kurang
berkembang dalam kemampuan berhitung di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah
Kelompok B Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon. Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah seberapa tinggi perbedaan penggunaan metode bermain peran
terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi
perbedaan penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan
berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah.
Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seluruh
anak dibidang kognitif khususnya dalam hal matematika, seperti kegiatan
mengurutkan bilangan atau membilang dan mengenai jumlah suatu benda. Penelitian
ini didukung oleh teori tentang bermain dan permainan usia taman kanak-kanak
sesuai dengan prinsip pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, yaitu bermain sambil
belajar dan belajar sambil bermain. Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak diperlukan
suatu metode atau media pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai
dengan mudah, salah satu metode tersebut adalah metode bermain peran.
Jenis penelitian ini adalah komperatif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dapat diartikan sebagai pendekatan penelitian yang berlandaskan pada
filsafat positifisme. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan
selama dua bulan terhadap 25 orang siswa, adapun teknik pengumpulan dan melalui
tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data dilakukan secara statistik dengan
menggunakan desain Pre-test dan Post-test yang selanjutnya untuk kemudian hiotesis
menggunakan uji satu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1).
Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah sebelum
menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai dengan rata-rata 61,1. 2).
Kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah sesudah
menggunakan metode bermain peran diperoleh nilai dengan rata-rata 80,2 hasil
perhitungan nilai t dibandingkan dengan nilai t tabel , maka t hitung = 5,98 dan nilai t tabel
= 2,011 maka t hitung > t tabel . maka dengan demikian terdapat perbedaan signifikan
pada kemampuan berhitung sebelum dan sesudah penggunaan metode bermain peran
di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah Kecamatan Klangenan. Dengan demikian
implementasi metode bermain peran sangat kuat pengeruhnya untuk meningkatkan
kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Al-Hijrah. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Bermain Peran, Kemampuan Berhitung
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQPs7i20KOxnIUwpqGtr7XQYQSH3QJEH1vtvRdBvdXKrSu4IPyX%2BVe%2FTSFJenlB3%2BPDffYoJ5z%2Flny2fwgoM972AR0pmt8bnuwIaBQBEdITYq0IOLpCyWC1WMYMzVbO%2FpJkgrpcvfIjrs75nCsHZqSpFbRAWJPuLe14%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap