Efektivitas permainan tebak kartu kata bergambar dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Al-muksin kecamatan panguragan kabupaten cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas permainan tebak kartu kata bergambar dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Al-muksin kecamatan panguragan kabupaten cirebon |
Penulis:
|
SRI HARTATI
|
Abstrak:
|
-ABSTRAK
SRI HARTATI, NIM. 20143200201 EFEKTIVITAS PERMAINAN TEBAK KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK AL-MUKSIN KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON.
Skripsi ini membahas Efektivitas Permainan Tebak Kartu Kata Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Tk Al-Muksin Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Kajiannya dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di TK Al-Muksin adalah tuntutan orang tua dan prasyarat masuk SD, media yang digunakan dalam pembelajaran hanya menggunakan media papan tulis yang ada, peserta didik disuruh meniru tulisan dalam papan tulis dan setelah selesai peserta didik disuruh untuk membaca tulisan-tulisan tersebut. Sehingga anak sering merasa bosan dan tertekan dalam pembelajaran membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Efektivitas Permainan Tebak Kartu Kata Bergambar Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Tk Al-Muksin Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar penilaian tes untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan pengguanaan permainan tebak kartu huruf bergambar (X) dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang kemampuan membaca permulaan anak (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil seluruh anak kelompok B TK Al-Muksin Tahun Ajaran 2017/2018 dengan subjek penelitian 15 anak. Data kemampuan dianalisis menggunakan teknik analisis data dari seluruh kegiatan menganalisis dan menarik kesimpulan dari semua data yang terkumpul menggunakan lembar penilaiam tes diperoleh dari hasil checklist yang dilihat dari rubrik yang telah dibuat peneliti untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan anak sebelum permainan tebak kartu kata bergambar masih belum berkembang, rata-rata nilai yang diperoleh anak adalah 37.84%, sedangkan setelah permainan tebak kartu kata bergambar rata-rata nilai yang diperoleh anak adalah 92,40%. Perbedaan sebelum dan sesudah permainan tebak kartu kata bergambar dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung (30.29) > ttabel (2.144), yang selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis dengan ketentuan, jika thitung e ttabel, maka H0 ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan membaca permulaan kelompok B TK Al-Muksin antara sebelum dan sesudah permainan tebak kartu kata bergambar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan anak dengan menggunakan media kartu huruf bergambar lebih efektif.
Kata Kunci : Permainan, Tebak Kartu Bergambar, Kemampuan Membaca Permulaan |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
-srihartati
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQNjg1mnPES9bbfif%2FtId3B5bZKjzwduFqlR6J95s0OrAU9VkKY189gFKgarQxbYTnUP1ZXQ3A8HaU1sgJTNkf0fzgsUGNaSZtRdbBc8UvOMoC0dHggU3LfOAGL9IaC0eyPAMGCfJK7LJToJYPpoEclaV4PBV0HeN4Q%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap