Keteladanan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Studi Kasus di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Keteladanan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Studi Kasus di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Keteladanan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Studi Kasus di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon
Penulis: SOLEKHA
Abstrak: -ABSTRAK SOLEKHA. NIM. 2015.1.18.1.02126 : Keteladanan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon) Skripsi ini membahas tentang keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik studi kasus di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kondisi pelajar yang melakukan tindakan yang tidak baik sehingga pembinaan akhlak perlu diterapkan dengan sebagaimana mestinya. Tujuan penelitian ini menumbuhkan akhlak terpuji peserta didik dengan cara melakukan pembinaan akhlak, mendeskripsikan keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta dan mendeskripsikan fungsi dan tujuan keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon untuk menjadikan generasi penerus bangsa (peserta didik) menumbuhkan sifat akhlakul karimah yang senantiasa taat terhadap ajaranNya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMK Caruban Nagari Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan teknik pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Cara guru menumbuhkan akhlak terpuji kepada peserta didik di SMK Caruban Nagari diantaranya, bersikap sopan santun, ramah, tepat waktu, bersikap apa adanya serta terbiasa bertutur kata dengan baik. 2) Keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik, peserta didik mampu membiasakan apa yang guru tanamkan dalam diri peserta didik tersebut. 3) Fungsi dan tujuan keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik, salah satunya guru bisa menjadi contoh yang baik bagi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian sekolah hendaknya terus berusaha meningkatkan kualitas guru dalam hal keteladanan guru dalam pembinaan akhlak peserta didik. Guru di harapkan terus berkontribusi dengan keluarga, tidak mudah berputus asa dalam pembinaan akhlak peserta didik, ikhlas dan terus mendo’akan yang terbaik bagi peserta didiknya. Bagi peserta didik, melalui keteladanan guru di harapkan memiliki kesadaran akan pentingnya berakhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari, menjadi generasi penerus bangsa yang senantiasa menampilkan perilaku positif baik dalam perbuatan maupun ucapannya.
Deskripsi: Kata Kunci : -Keteladaan Guru, Akhlak Peserta Didik, Smk Caruban Nagari Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1fjnird24zzmPtEvRpQO7LrtCDZlTJ9Xi
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya