EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A DI TK SABILUL HUDA TEGALSARI PLERED KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A DI TK SABILUL HUDA TEGALSARI PLERED KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRIT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A DI TK SABILUL HUDA TEGALSARI PLERED KABUPATEN CIREBON
Penulis: YAYA FARIYAH
Abstrak: ABSTRAK Yaya Fariyah, 2014.3.2.00298, “Efektivitas Penggunaan Media Benda Konkrit Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A di TK Sabilul Huda Tegalsari Plered Cirebon” Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, 2018, 97 lembar. Subjek penelitian ini adalah 20 anak Kelompok A TK Sabilul Huda Tegalsari Plered Cirebon yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah efektivitas penggunaan media benda konkrit terhadap kemampuan membilang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa observasi dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif. Indiktor keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila perhitungan presentase menunjukan e 80% anak mengalami peningkatan dalam membilang banyak benda dan membilang dengan menunjuk benda-benda (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes kemampuan berbahasa sebesar 28,05, perbedaan hasil tes kemampuan membilang anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media benda konkret, dapat dilihat dari segi presentasi naik 10%. Langkah-langkah pembelajaran membilang dengan media konkret yaitu (1) guru menentukan tujuan pembelajaran (meningkatkan kemampuan membilang banyak benda dan kemampuan membilang dengan menunjuk benda-benda (mengenal konsep bilangan dengan benda- benda), (2) meteri pembelajaran berdasarkan tema yaitu tanaman. (3) sub tema yang akan dibahas adalah tanaman di kebun.(4) anak- anak berdiskusi tentang tanaman dikebun yang diketahui oleh anak dan menyebutkan ciri-ciri tanaman.(5) metode pembelajaran yang akan digunakan adalah metode bercakap-cakap dan pemberian tugas. (6) selesai kegiatan guru melakukan penilaian dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi LKA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efektivitas media benda konkret terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di TK Sabilul Huda Tegalsari Plered Cirebon memiliki keberhasilan yang tinggi.
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan Membilang, Media Benda Konkret, TK Kelompok A Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQM2dkMB1K8Pa9AijFOezU8YTSTJKMoq1vsPVDagxfhqwWNSgCKHlcYQSA3jvhRcaUazmzPv8wTDuZ1c2GQthtz5eVwEV69lIppyTMg%2FJig3EdCBjMf4F6AHRUxIgHV%2Bkqf27gWi6o0Sd97hXr2KYbIE1NnyLb%2F2Xpo%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273932303_BAB IV bu yy-dikonversi.pdf 366.4Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya