Abstract:
ABSTRAK
SITI SUKAESIH (2018). Peningkatan Kemampuan Bermain Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A Di PAUD Logika Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon.
Kemampuan dalam mengenal warna pada anak Kelompok A masih rendah. Hal tersebut terjadi karena guru kurang memberikan stimulus terhadap perkembangan anak terutama dalam aspek seni warna.
Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam bermain warna dapat dilakukan melalui metode eksperimen. Kegiatan eksperimen yang merupakan salah satu metode pembelajaran dalam pengembangan kognitif sains.
Metode Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di PAUD Logika dengan subyek siswa kelompok A berjumlah 18 anak. Penelitian terdiri dari dua siklus.
Pada data pra siklus siswa yang memperoleh nilai (BB) terdapat 6 (33%) siswa menurun pada siklus I menjadi 2 (11%) siswa dan pada siklus II tidak ada siswa yang Belum Berkembang (0%), sedangkan siswa yang memperoleh nilai (MB) pada pra siklus terdapat 9 50%) siswa meningkat pada siklus I menjadi 8 (45%) siswa dan menurun pada siklus II menjadi 2 (11%) siswa, dan yang memperoleh nilai (BSH) pada pra siklus terdapat 2 (11%) siswa meningkat pada siklus I menjadi 6 (33%) siswa dan menurun pada siklus II menjadi 5 (28%) siswa, sedangkan siswa yang memperoleh nilai (BSB) pada pra siklus hanya terdapat 1 (6%) siswa meningkat pada siklus I menjadi 2 (11%) siswa, meningkat lagi pada siklus II mencapai 11 (61%).
Penelitian telah berhasil dilakukan dan kemampuan bermain warna pada anak kelompok A PAUD Logika Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen.