EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT TIHAMAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT TIHAMAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
EVA NOPIANTI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK EVA NOPIANTI NIM.2014.2.2.00064 : EFEKTIVITAS METODE EKSPERIMEN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SDIT TIHAMAH KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas metode eksperimen terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDIT Tihamah Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA, tidak adanya inovasi dan varisi dalam pembelajaran membuat siswa merasa jenuh dan bosan dengan proses pembelajaran. Siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran dan kurang terjalinnya interaksi antara siswa dengan siswa. Yang berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak dapat memenuhi KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan metode eksperimen terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDIT Tihamah Watubelah Sumber Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain dari penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen test. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SDIT Tihamah, untuk pengambilan sample menggunakan teknik sampel jenuh. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program komputer Microsoft Exel dan Software SPSS versi 16.1 for windows. Yaitu dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas serta uji t test, uji N-Gain serta effect Size. Hasil dari perhitungan statistik dengan uji t test, N-Gain dan Effect Size diperoleh thitung = 5.975 > ttabel = 1.990 dengan df = 62 pada taraf signifikan 0.05 ini berarti adanya perbedaan yang signifikan. Sementara hasil uji N-Gain menunjukkan nilai probabilitas (sig.2tailed) dengan uji t adalah 0.000. Maka dilakukan uji hipotesis satu pihak dengan cara dibagi 2 Sehingga 0.000/2 = 0.000 karena nilai probabilitasnya 0.05 maka H0 ditolak atau berati hasil belajar dengan metode eksperimen terbimbing lebih tinggi. Penggunaan metode eksperimen terbimbing diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Dengan metode ini diharapkan siswa akan lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran IPA. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektivitas, Metode eksperimen terbimbing, Hasil Belajar
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQMbYMWFL1CWss89otY%2B6wPRDCVrNQbHLGCHk0DDtxeG2n%2BiUvVLidNpdH8ket9rwh0be6qOcv2oqw3l2NlU274%2BvuR751bdtmL47E9nYozlfRYT0fE8FSKuQwtAvz4Za5ywYqVMdM7iZDf1gy7CLpe7Q5nL5f1nOd8%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap