EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI TKII AL MASLICHA KELURAHAN AGRASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTIKOTA CIREBON.

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI TKII AL MASLICHA KELURAHAN AGRASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTIKOTA CIREBON.

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI TKII AL MASLICHA KELURAHAN AGRASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTIKOTA CIREBON.
Penulis: NINING
Abstrak: ABSTRAK NINING. NIM . 2014.3.2.00172 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI TKII AL MASLICHA KELURAHAN AGRASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTIKOTA CIREBON. Skripsi ini membahas Efektivitas model pembelajaran sentra terhadap peningkatan kemandirian anak kelompok B di TKII Al Maslicha Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Kesadaran akan pentingnya mendidik anak untuk dapat mandiri, bisa bersosialisasi dan memperoleh berbagai ketrampilan yang mendukung anak mampu melakukan kebutuhannya sendiri, yang diberikan secara terpadu dan harmonis yang selaras dengan perkembangan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran sentra dalam meningkatkan kemandirian anak kelompok B TKII Al Maslicha kelurahan Argasunya kecamatan Harjamukti kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan”. Desain penelitian eksperimen yang gunakan dalam penelitian ini adalah One – Group Pretest – Posttest Design yaitu penelitian eksperimen dimana pada desain penelitian ini dilakukan pretes sebelum diberi perlakuan sehingga diperoleh data yang lebih akurat karena bisa membandingkan data keadaan sebelum dan sesudah perlakuan. Tingkat Kemandirian anak sebelum menggunakan model pembelajaran sentra hanya 38,00%. Tingkat Kemandirian anak sesudah menggunakan model pembelajaran sentra 94,42%. Ini berarti tingkat kemandirian anak sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sentra terjadi peningkatan sebesar 56,42 dan dari nilai t yang didapatkan bahwa Jika thitung e ttabel, maka tolak H0, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari tingkat kemandirian anak kelompok B di B di TKII Al Maslicha Kelurahan Agrasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran sentra. Penerapan model pembelajaran sentra diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi anak-anak di TKII Al Maslicha. Penerapan model pembelajaran sentra diharapkan anak akan mampu melakukan kebutuhannya sendiri tanpa bergantung pada orang tua atau guru. Kata kunci: Model Pembelajaran Sentra, Kemandirian Anak.
Deskripsi: Kata Kunci : Model Pembelajaran Sentra, Kemandirian Anak. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQN578KYtcegeMV05sbuzB8T68AjT9bzENNv8ASJm%2BxsMrlTpqka9%2BiZUV%2F75jh%2BqX4iz3NdAFBIzj4I80Wx%2FhKSoEv4FYImAauI40Bgn9QuKV5GhI8ZhNkpRlxder4yZl6ZMICaQ2wLlJ%2BC21qwFMCWZSKIAsUWx5E%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273882505_Skripsi NINING.pdf 1.229Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273883434_cover skripsi.pdf 109.9Kb application/pdf Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B DI TKII AL MASLICHA KELURAHAN AGRASUNYA KECAMATAN HARJAMUKTIKOTA CIREBON.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya