Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon
Penulis: AHYA ULUMUDDINI
Abstrak: ABSTRAK AHYA ULUMUDDINI. NIM. 2014.3.2.00326 IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembiasaan yang dilakukan sehari-hari di TK negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pembiasaan mendasarkan pada asumsi bahwa anak dapat melakukan sesuatu karena terbiasa melakukannya. Karakter anak akan terbentuk dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan. Pembiasaan merupakan cara yang baik yang dapat merangsang perkembangan anak agar membentuk suatu karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembiasaan serta untuk mengetahui hasil beserta faktor pendukung dan penghambat dari proses pembiasaan di TK Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi participant, wawancara mendalam, studi dokumentasi untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan metode pembiasaan dengan mengambil sampel siswa kelompok B2. Hasil dari penelitian pelaksanaan metode pembiasaan di TK Negeri sudah berjalan dengan efektif. Kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang dapat membangun karakter anak. Terbukti dari perkembangan nilai-nilai karakter anak rata-rata sudah pada tahap berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Didalamnya juga terdapat faktor pendukung yaitu dari warga sekolah, orang tua, dan mood anak dan faktor penghambat yaitu dari waktu yang kadang molor dan mood anak yang kurang baik. Pelaksanaan metode pembiasaan berjalan dengan sesuai dan efektif, dari kegiatan penyabutan sampai dengan kegiatan penjemputan. Hasil proses pembiasaan dilihat dari keikutsertaan anak serta sikap atau karakter anak dalam melakukan kegiatan-kegiatan setiap harinya.
Deskripsi: Kata Kunci : Metode Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmw14r18il%2Bpdyf8zcOfU9QU5ZY0DQnMLp7qKVSTvWXSTzBHWp64CCVYruz2AfH3lSnoAyjKgU8p6niMw%2BnMEcZ4mf6YQmiq0pe%2BQlwg0tv1QksdDv97VYHlMKZsogMiGj%2F7ojaKANE7yZqBeWCOERJtJKu01m9dZ0%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273832857_skripsi edit(2).pdf 1.447Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273833701_IMG_20190517_195518.jpg 53.28Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya