Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Nilai-Nilai Agama Islam Siswa SMP Satap Talun

Publikasi Unusia

Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Nilai-Nilai Agama Islam Siswa SMP Satap Talun

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Nilai-Nilai Agama Islam Siswa SMP Satap Talun
Penulis: SITI USWATUN HASANAH
Abstrak: -Skripsi ini membahas pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan nilai-nilai agama Islam siswa SMP Satap Talun. Pengamalan nilai-nilai agama Islam yang dimaksud adalah mengamalkan shalat. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kurangnya efektif siswa pada zaman sekarang dalam mengamalkan shalat baik secara sendiri-sendiri maupun bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap pengamalan nilai-nilai agama Islam pada siswa SMP Satap Talun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dalam bentuk korelasi dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sebenarnya tentang pembelajaran pendidikan agama Islam (X) dan pengamalan nilai-nilai agama Islam (Y). Penelitian ini mengambil sample sebanyak 58 responden yaitu siswa kelas VIII siswa SMP Satap Talun. Hasil dari skor ideal variabel pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu sebesar 78,68 % hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa SMP Satap Talun tergolong pada kategori baik. kemudian hasil dari skor ideal variabel pengamalan nilai-nilai agama Islam yaitu sebesar 60,1 % hal ini dapat disimpulkan bahwa pengamalan nilai-nilai agama Islam pada siswa SMP Satap Talun tergolong pada kategori baik. Hasil hipotesis yang diperoleh dengan rumus korelasi ditemukan r 0,197 kemudian dilanjutkan dengan uji t diperoleh nilai t_hitung = 1,50 sedangkan t_tabel = 2,021 pada taraf signifikan 5 % dan dk = 56 (58-2) , karena t_hitung 1,50 t_tabel 2,021 maka tolak ha dan terima ho, artinya tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran pendidikan agama Islam (X) terhadap pengamalan nilai-nilai agama Islam (Y) siswa SMP Satap Talun. Penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam diharapkan dapat memberikan perubahan siswa menjadi lebih baik, khususnya siswa mengamalkan shalat dengan baik dan benar. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SMP Satap Talun.
Deskripsi: Kata Kunci : Pembelajaran, Islam, Shalat. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcl4h%2BL3pOtkp3rLSyQrCQ7xGXlMj5Wks%2FEkt0cQFFK2Lv43dOVzVwTvVAIdrfdjKigKvRiiZ6BLgWzw2R%2BukzlyQWXzYWmx6LJ5S644GCH12Vvwi%2B0hB2n3KStHRaJVMFWSYEge9wXYfC5YAZASF2NMgNDmCBjWFn4%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273807251_Skripsi Uswah.pdf 400.7Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273807726_W ... 019-06-28 at 13.51.14.jpeg 45.34Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pengamalan Nilai-Nilai Agama Islam Siswa SMP Satap Talun

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya