Efektifitas Model Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MI Al-Hamid Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten cirebon

Publikasi Unusia

Efektifitas Model Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MI Al-Hamid Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektifitas Model Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MI Al-Hamid Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten cirebon
Penulis: USWATUN HASANAH
Abstrak: ABSTRAK USWATUN HASANAH, NIM. 2014.2.2.00114. “EFEKTIFITAS MODEL TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS 1V MI AL-HAMID DESA CIPEUJEUH KULON KECAMATAN LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON”. Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu hasil belajar pada pelajaran PKn pada siswa MI Al-Hamid yang hanya menekankan pada transfer ilmu, sehingga banyak yang belum memahami materinya, salah satu penyebabnya adalah dalam proses belajar mengajar anak belum mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan tata bahasa. Karena itu upaya yang ditempuh adalah dengan menerapkan metode Time Game Tournament. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn dengan model ceramah pada siswa kelas IV di MI AL-HAMID. 2) Untuk mengukur seberapa baik penerapan model Team Game Tournament pada mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV di MI AL-HAMID. 3) Untuk menguji hipotesis hasil belajar pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model Team Game Tournament pada kelas IV di MI AL-HAMID. Penelitian ini merupakan jenis penelitian one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang, sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa 1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV sebelum diterapkan metode Time Game Tournament nilai rata-rata adalah 22,98. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori sedang. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV sesudah diterapkan metode Time Game Tournament nilai rata-rata adalah 33,54. Berdasarkan hasil perhitungan skor ideal maka hasil nilai seluruh siswa termasuk kategori tinggi, 3) perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Time Game Tournament terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes prestasi belajar pada siswa di kelas IV MI Al-Hamid Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan metode Time Game Tournament pada taraf 5%. Menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 44 > 1,67 maka hipotesis diterima dengan kata lain bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah menggunakan metode Time Game Tournament.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektifitas Model Time Game Tournament, Hasil Belajar Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclg6xic7qbXiJRIGpKhTIQOMx2ELKjuakSfXR13s4dqKhbGW98v5cc2igUgnfkiJPi7geyx9NrgNDZDl%2FXk9OQI39hU2a3OBOA3lXULz2LEd374%2FLFBOoWCfGYUBuKxeSBEHEF%2FC6pDwz1nYMX7pKI51UTm%2B6ovhlg%3D
Tanggal: 2019-05-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273798268_SKRIPSI USWATUN HASANAH PDF.pdf 975.2Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273799852_01. COVER.docx 60.79Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Efektifitas Model Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV MI Al-Hamid Desa Cipeujeuh Kulon Kecamatan Lemahabang Kabupaten cirebon

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya