Implementasi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Komunikasi Positif di RA Miftahul Huda Gintung Ranjeng Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Implementasi Pengembangan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Komunikasi Positif di RA Miftahul Huda Gintung Ranjeng Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
DEDE FAUZIYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK DEDE FAUZIYAH, NIM.2015.4.3.1.00356. IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KOMUNIKASI POSITIF DI RA MIFTAHUL HUDA KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON Kata Kunci : Pengembangan kepercayaan diri, Komunikasi Poistif dan Anak Usia Dini Skripsi ini membahas tentang Implementasi pengembangan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun melalui komunikasi positif di RA Miftahul Huda Kecamatan Ciwaringin kabupaten Cirebon. Kajian ini dilatarbelakangi oleh begitu pentingnya penggunaan komunikasi positif dalam meningkatkan karakter positif yang ada pada diri setiap anak. Dan salah satu karakter yang dapat dikembangkan melalui komunikasi positif ini yaitu kepercayaan diri dalam diri anak. Melalui komunikasi positif yang didalamnya berisi tentang pesan positif serta pesan-pesan optimis yang akan menjadikan setiap anak merasa bahwa mereka bisa dan mampu untuk meningkatkan kemampuan yang ada dalam diri mereka. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui adanya pengembangan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun melalui komunikasi positif di RA Miftahul Huda Gintung Ranjeng kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tipe studi kasus, dilaksanakan di RA Miftahul Huda Gintung Ranjeng Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan Observasi, Wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data tentang penggunaan komnikasi positif dalam pengembangn kepercayaan diri anak. sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, serta guru-guru kelas B. Teknik pengolahan datanya melalui analisis data interaktif. dan data yang telah terkumpul kembali diuji kebasahan datanya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Pengembangan kepercayaan diri anak di RA Miftahul Huda dilakukan melalui beberapa pogram yaitu bercerita tentang pilar pedidikan karakter dan pendekatan komunikasi positif. 2) Cara yang tepat dalam penggunaan komunikasi terbukti dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun di RA Miftahul Huda. 3) Adanya relevansi karakteristik komunikasi positif yang diterapkan di RA Miftahul Huda dengan 8 karakteristik komunikasi positif yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Pengembangan kepercayaan diri, Komunikasi Poistif dan Anak Usia Dini
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckXkCKQNYcIsxR9Wn9hirkR9NaegJEofj0v6VmxTGUZfoJPfSgiWyR5RgLq5OCC5rwyjI%2BfxDEeQ03dsxKTxGHeEakShjzmdyKKlybsyObWMkj3rcSEeUthHGXsf8RyioN9e7SM0ltHQjYVQ9WR35cATq8WzhBrWAQ%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap