Layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mereduksi perilaku bullying siswa kelas X di SMK negeri 1 Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022

Publikasi Unusia

Layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mereduksi perilaku bullying siswa kelas X di SMK negeri 1 Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan cognitive behavioral therapy untuk mereduksi perilaku bullying siswa kelas X di SMK negeri 1 Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022
Penulis: MEGA SILVIYATI
Abstrak: Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavoral Therapy Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajian penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus-kasus bullying di sekolah yang seringkali diabaikan dan tidak banyak ditindaklanjuti dalam pembenahan perilaku siswa dilingkungan sekolah. Perilaku Bullying yang dilakukan siswa dapat memberikan dampak yang buruk bagi sistem pendidikan sekolah yang seharusnya melahirkan generasi anak bangsa yang berkarakter, bermoral dan memiliki nilai-nilai kebaikan sehingga dapat memberi manfaat kepada orang lain bukan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perilaku bullying di kelas X SMK Negeri 1 Cirebon tahun pelajaran 2021/2022. Dan program layanan bimbingan kelompok dalam mereduksi perilaku bullying siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket skala likert, yaitu 4 skala untuk mendapatkan data tentang perilaku bullying siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X yang menjadi subyek dalam penelitian. Teknik sampel yang digunakan yaitu quota sampling sebanyak 113 sampel penelitian dari populasi 800 siswa kelas X. data penelitian yang terkumpul kemudian diolah melalui Ms Excel dan SPSS 25 dengan menggunakan rumus kategorisasi untuk menentukan tingkat perilaku bullying, yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu rendah 196, sedang 196 - 245 dan tinggi > 245. setelah itu dilakukan perhitungan sederhana untuk mengetahui nilai dari masing-masing aspek perilaku bullying yang paling banyak dilakukan siswa. Hasil dari perhitungan kategorisasi menggunakan SPSS 25 yaitu 113 yang termasuk dalam kategori rendah atau 196 hal ini menunjukan bahwa tidak adanya perilaku bullying. Sedangkan perhitungan sederhana peraspek perilaku bullying didapatkan hasil verbal bullying 40%, psychal bullying 24%, gesture bullying 14% dan cyber bullying 22% maka dalam hal ini aspek verbal bullying memiliki tingkat lebih tinggi dari aspek lainnya. Penerapan layanan bimbingan kelompok diharapkan dapat memberikan pengaruh dalam membentuk perilaku positif bagi para siswa sehingga dapat mencegah maupun mereduksi perilaku bullying siswa di sekolah, khususnya di SMK Negeri 1 Cirebon.
Deskripsi: Kata Kunci : Perilaku bullying, Cognitive Behavioral Therapy, Bimbingan Kelompok Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1ScplMW0EYTKpaS-V5lET9zkhVwgH7c27
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2915


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya