LAYANAN BIMBINGAN KLASIKLA UNTUK MENINGKATKNA MOTIVASI BELAJAR SANTRI ASRAMA AL-MANSHURIYAH PONDOK PESANTREN AN-NASHUHA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

LAYANAN BIMBINGAN KLASIKLA UNTUK MENINGKATKNA MOTIVASI BELAJAR SANTRI ASRAMA AL-MANSHURIYAH PONDOK PESANTREN AN-NASHUHA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: LAYANAN BIMBINGAN KLASIKLA UNTUK MENINGKATKNA MOTIVASI BELAJAR SANTRI ASRAMA AL-MANSHURIYAH PONDOK PESANTREN AN-NASHUHA KABUPATEN CIREBON
Penulis: WINDA SULISTIAWATI
Abstrak: Skripsi ini membahas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar santri asrma al-manshuriyah Pondok Pesantren An-Nashuha Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatar belakangi oleh banyak santri tingkat wustho di asrama al-masnhuriyah memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motivasi belajar santri serta faktor yang melatarbelakangi rendahnya motivasi belajar terhdap santri wustho. Dan mengetahui tahap-tahap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode eskpositori yang dilaksanakan di asrama al-masnhuriyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang lebih bersifat deskriptif sesuai dengan kaidah non statistik. Yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan fenomena-fenomena yang terjadi sesuai fakta dan menganalisa dengan menggunakan logika ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa perkembangan motivasi belajar santri wustho serta faktor yang melatar belakangi rendahnya motivasi belajar santri wustho asrama al-manshuriyah dianatarnya faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. faktor instrinsik yang mempengaruhi dalam diri santri wustho ialah, rasa jenuh saat di asrama, rasa malas dalam belajar, kurangnya percaya diri, inisiatif, serta komiten dalam belajar. Faktor ekstrinsik merupakan pengaruh lingkungan luar terhadap santri wustho ialah kurangnya dorongan dan perhatian drai kedua orangtua maupun keluarga dan pengaruh teman untuk membolos saat waktu pemeblajaran. Serta tahap pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode ekspositori yang dilakukan dengan enam tahapana yaitu, tahap persiapan, tahap penyajian data, tahap korelasi, tahap menyimpulkan, tahap mengaplikasikan serta tahap evaluasi. Kesimpulan bahwa Setealah melakukan layanan bimbingan klasikal dengan metode ekspositori untuk meningkatkan motivasi belajar santri wustho asrama al-masnhuriyah santri sudah mampu meningkatkan motivasi belajarnya dan memiliki motivasi belajar yang tinggi daripada sebelum melakukan layanan bimbingan klasikal dengan metode eskpsoitori. Dengan itu dapat disimpulkan santri yang mendapat layanan bimbingan klasikal dengan metode eskpositori dapat meningkat motivasi belajarnya.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : Bimbingan Klasikal, Motivasi Belajar Referensi : SUGIYONO. (2014). METODOLGI.
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1erul7DmRJJ9aLnWLfTk4xLd8cHv3Dp79
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2901


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya