Abstract:
ABSTRAK RINA AYU NINGRUM. NIM 2015.3.3.1.00194 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SDN 3 KARANGSEMBUNG KECAMATAN KARANGSEMBUNG KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 3 Karangsembung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin maju dan modern, setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas. Kebosanan dan kejenuhan adalah salah satu penghambat dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi tidak antusias dalam belajar, suasana menjadi kaku dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 3 Karangsembung Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket untuk mendapatkan data tentang penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (X) dan kektifan belajar siswa (Y). Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan teknik sampling purposive, karena mengambil sebagian dari seluruh jumlah populasi dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 33 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (model pembelajaran Think Pair share) dan variabel Y (keaktifan belajar siswa). Kemudian data penelitian dari kedua variabel tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share peneliti menyebarkan angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya, hasil perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasiyang positif antara pelaksanaan model Think Pair Share (X) terhadap keaktifan belajar siswa (Y). Hal ini ditunjukan oleh koefisien korelasi xry= 0,42 tergolong cukup kuat, sehingga hasil uji hipotesis dengan rumus thitung diperoleh thitung sebesar 2,59 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan db = N-2 diperoleh 2,59 thitung ≥ ttabel 44,985 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa.