Optimalisasi Pengelolaan Dana Zakat produktif Dalam Meningkatkan Usaha kecil Mustahik (Studi Analisis Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)

Publikasi Unusia

Optimalisasi Pengelolaan Dana Zakat produktif Dalam Meningkatkan Usaha kecil Mustahik (Studi Analisis Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Optimalisasi Pengelolaan Dana Zakat produktif Dalam Meningkatkan Usaha kecil Mustahik (Studi Analisis Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)
Penulis: SITI MAESIRI
Abstrak: SITI MAESIRI. NIM. 2015.2.4.1.003393 OPTIMALISASI PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN USAHA KECIL MUSTAHIK STUDI ANALISIS BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KOTA CIREBON Skripsi ini membahas mengenai optimalisasi pengelolaan dana zakat produktif dalam meningkatkan usaha kecil mustahik di Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon. Penelitian ini dilatarbelakangi Dana Zakat produktif tidak hanya digunakan untuk keperluan konsumtif, untuk membantu pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan modal tanpa membebankan mustahik, salah satu upaya BAZNAS untuk mengurangi kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan dana zakat produktif dalam meningkatkan usaha kecil mustahik, serta bagaimana kendala dan bagimana penyelesaiannya dalam meningkatkan usaha kecil. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data-data yang di butuhkan dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data di lapangan peneliti menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Badan Amil Zakat Nasional mengelola dana zakat produktif tidak hanya terbatas pada kegiatan-kegiatan tertentu saja yang berdasarkan pada orientasi konvensional-konsumtif, tetapi dapat pula dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan ekonomi umat (produktif) dan memberdayakan, seperti dalam bentuk program pengentasan kemiskinan dan pengangguran dengan memberikan zakat produktif kepada mereka yang memerlukan sebagai modal usaha. Upaya Baznas dalam pengelolaan dana zakat produktif sudah sangat baik, karena dengan adanya bantuan modal yang diberikan dapat meningkatkan usaha mustahik, mensejahterakan mustahik dan dapat mengurangi tingkat kemiskinan. Diharapkan BAZNAS dapat memberikan dana zakat keseluruh wilayah Cirebon yang lebih banyak lagi karena masih banyak masyarakat cirebon membutuhkan dana untuk usahanya. Kata Kunci: Pengelolaan Dana Zakat produktif.
Deskripsi: Kata Kunci : Pengelolaan Dana, Zakat produktif, Usaha kecil Mustahiq Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckduspMGSJQpeDqnBwzgG1n2%2FaMBGdUpWTzBVWX8%2Bk3LotyWW9rDcLZOq46OZ%2FPbm6ru7bQ46sLRE87tqQFxdjF4uAPA6W8gmT6Ztp2%2BGyjdqUs3%2F5tBC34a33a3Qz91O1q5JBK1tYFmE3x2xkT8VFA4pBMk%2FRHZMs%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273723652_Skripsi Mae.pdf 946.4Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273724773_Cover Skripsi.docx 152.6Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Optimalisasi Pengelolaan Dana Zakat produktif Dalam Meningkatkan Usaha kecil Mustahik (Studi Analisis Badan Amil Zakat Nasional Kota Cirebon)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya