EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI TKIT DARUNNAJAH KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI TKIT DARUNNAJAH KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK A DI TKIT DARUNNAJAH KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON
Penulis: HINDUN
Abstrak: Skripsi ini mengkaji tentang kemampuan Bahasa anak Berdasarkan data yang diperoleh jumlah peserta didik kelompok A TKIT Darunnajah Kecamatan Suranenggala berjumlah 15 anak dengan tingkat kemampuan bahasa ekspresif secara verbal masih rendah. Hal ini dikarenakan belum sesuainya metode yang digunakan masih belum tepat yakni pembelajaran yang dilakukan masih klasikal dan lebih berpusat pada guru sehungga anak-anak cepat merasa bosan. Tujuan dari Skripsi ini adalah Mendeskripsikan seberapa baik perkembangan bahasa anak kelompok A TKIT Darunnajah Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon sebelum diberi perlakuan metode bermain peran. Dan Mendeskripsikan seberapa baik perkembangan bahasa anak kelompok A TKIT Darunnajah Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon sesudah diberi perlakuan metode bermain peran. Metodologi dari skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan Hasil dari skripsi ini adalah Kemampuan Bahasa Anak anak sebelum kegiatan Bermain peran pada anak kelompok A TKIT Darunnajah berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kemampuan anak sebesar 42%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa Kemampuan Bahasa Anak anak sebelum kegiatan Bermain peran pada anak termasuk dalam kategori kurang baik atau rendah. Kemampuan Bahasa Anak anak sesudah kegiatan Bermain peran pada anak kelompok A TKIT Darunnajahberdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata nilai kemampuan anak sebesar 83%. Dengan demikian dapat diartikan bahwa Kemampuan Bahasa Anak sesudahkan kegiatan Bermain peran termasuk dalam kategori sangat baik atau tinggi. Kesimpulan dari skripsi ini adalah Perbedaan Kemampuan Bahasa Anak anak kelompok A TKIT Darunnajahsebelum dan sesudah menggunakan permainan bermain peran Dengan demikian, karena nilai thitung 19,365 > ttable 2.145, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima
Deskripsi: Kata Kunci : Kemampuan Bahasa Anak , Bermain peran , Anak Usia Dini Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1axIARxuOUGETsatlwxb3P8x3qfKr33q4
https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2875


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya