“Efektivitas Bermain Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di PAUD Sang Rasa Jati Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.”

Publikasi Unusia

“Efektivitas Bermain Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di PAUD Sang Rasa Jati Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.”

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: “Efektivitas Bermain Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di PAUD Sang Rasa Jati Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.”
Penulis: USNAIJAH
Abstrak: ABSTRAK USNAIJAH. NIM. 2015.4.3.1.00437 EFEKTIVITAS BERMAIN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI PAUD SANG RASA JATI KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas efektivitas bermain Ular Tangga dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok B di PAUD Sang Rasa Jati Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan, diperoleh informasi bahwa kemampuan berhitung anak kelompok B belum memperlihatkan kemampuan yang optimal karena 10 diantara 15 anak masih mengalami kesulitan dalam aspek berhitung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain penilitian One Group Pretest Posttest dengan menggunakan observasi sebagai alat pengumpulan data. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan berhitung. Kemudian tabulasi data hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik inferensial yaitu uji beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan Uji t dapat diketahui perbedaan kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan bermain Ular Tangga. Pada hasil pretest kemampuan berhitung anak hanya 32% atau berada pada klasifikasi persentase kurang atau Belum Berkembang (BB), dan pada hasil posttest kemampuan berhitung anak 82,33% atau berada pada klasifikasi persentase sangat baik atau Berkembang Sangat baik (BSB). Kemampuan berhitung sebelum dan sesudah perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan, ditunjukkan oleh t_(hitung ) (50,3) > t_(tabel ) (2,145) , dengan taraf signifikan 50,33% yang berarti pernyataan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas bermain Ular Tangga terhadap kemampuan berhitung sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan untuk kegiatan di PAUD Sang Rasa Jati dalam meningkatkan kemampuan berhitung.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata Kunci: Bermain, Ular Tangga, Berhitung, Efektivitas Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWck22X54dGL9N4wgAqNgjwMpeUISQtnN0dV3%2BnUcDns6bUVXsFf81REAFsGrbQdnEb0buLM5mGJknk2qasfBTPt1j4p3gDqD0cydctxBmvECOIDkqfxnX0QX4ebJqLQgyMJ8Fe%2Bt8H0B1JqG5Nx1NZ331LZrzdL7pAk%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273679522_SKRIPSI Pdf.pdf 1.232Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273680861_COVER SKRIPSI.zip 125.7Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis “Efektivitas Bermain Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di PAUD Sang Rasa Jati Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.”

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya