EFEKTIVITAS METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK NURSALAM KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK NURSALAM KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK NURSALAM KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON
Penulis: ROSMIYATI
Abstrak: ROSMIYATI. NIM. 2014.3.2.00304 EFEKTIVITAS METODE BERMAIN BALOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPK B TK NURSALAM KECAMATAN GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON Usia dini merupakan usia emas, yang akan mengembangkan semua potensi anak termasuk potensi kognitif. Namun berdasarkan observasi awal yang dilakukan di TK Nursalam Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, ternyata sebagian dari anak kelompok B belum sepenuhnya memiliki kemampuan kognitif yang menyeluruh dalam berfikir simbolik, ditandai dengan metode yang kurang bervariatif, anak pasif dalam bermain balok, kurangnya kreativitas anak dan terbatasnya sarana dan prasarana dalam permainan balok. Kondisi di atas memerlukan upaya untuk mengatasinya. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah dengan mengajarkan kemampuan kognitif pada anak dengan metode bermain balok. Tujuan penelitian ini adalah untuk ; 1) memperoleh data tentang kemampuan kognitif anak sebelum menggunakan metode bermain balok; 2) memperoleh data tentang kemampuan kognitif anak sesudah menggunakan metode bermain balok; 3) memperoleh data efektivitas metode bermain balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak. Tempat penelitian ini dilakukan di TK Nursalam Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Dari populasi anak kelompok B yang berjumlah 40 anak diambil sebagai sample adalah 14 anak yaitu anak kelompok B2. Dari hipotesis sementara perbedaan sementara sebelum dan sesudah diterapkan metode bermain balok yang akan diuji di bab IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena berdasarkan data angka dan dianalisis melalui rumus uji komparasi sebelum (before) dan sesudah (after) menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode bermain balok terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Nursalam Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Sebelum dilakukan metode bermain balok kemampuan kognitif anak menunjukkan hasil 53,5%, dan sesudah dilakukan metode bermain balok kemampuan kognitif anak menunjukkan hasil 78,14%. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan atau thit (10,91) lebih besar dari pada ttab yaitu 1,771 pada taraf signifikansi 5% dan 2,650 pada taraf signifikansi 1%.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci : kemampuan kognitif (berpikir simbolik), bermain balok anak usia dini. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmxQazguaJ%2BA5FQ8ulEC59rsOyow0Aa%2BB533ltEnZRz5sexVKX%2BPN4B%2FhYW%2BoqjkjEjhjxTWbWh288qwZwRhhoiZx1S5jvCTVSeBW9ZjCeGxhhh%2FUssa1VacAIz7bhFDsH04Vw%2FeJeJHLzSHyHZ6QoQ57f%2BMzwHr3Y%3D
Tanggal: 2019-05-22


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273676623_BAB 4.pdf 679.3Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya