IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (BAZMA ASSET 3 PT. PERTAMINA EP. CIREBON)

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (BAZMA ASSET 3 PT. PERTAMINA EP. CIREBON)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (BAZMA ASSET 3 PT. PERTAMINA EP. CIREBON)
Penulis: M. TAUFIK K
Abstrak: ABSTRAK Muchamad Taufik Kurochman NIM. 2014.1.3.00173. Implementasi Program Pembiayaan Syariah terhadap Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat (Bazma Asset 3 PT. Pertamina EP. Cirebon). Implementasi program pembiayaan syariah tidak telepas pada sumber daya manusia (SDM) sebagai perencana dan pelaksana program serta masyarakat sebagai sasaran program. Pelaksana program yang tidak dibarengi dengan SDM yang mumpuni akan menjadikan program pembiayaan syariah berjalan kurang maksimal dan kurang sesuai harapan. Sehingga tidak sedikit masyarakat yang menyalahgunakan program pembiayaan syariah demi memenuhi karakteristik pragmatisnya yang tercipta pada kondisi kultur yang berkembang di lingkungan sekitar, disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai keekonomian syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program pembiayaan syariah, mengetahui strategi BAZMA Asset 3 PT. Pertamina EP. Cirebon dalam mensejahterakan ekonomi masyarakat, mengetahui implementasi program pembiayaan syariah terhadap kesejahteraan masyarakat (BAZMA Asset 3 PT. Pertamina EP. Cirebon). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) besifat deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui implementasi program pembiayaan syariah terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat di BAZMA Asset 3 PT. Pertamina EP. Cirebon. Adapun sumber data yang digunakan adalah dokumen pribadi, catatan lapangan dan data wawancara keterangan informan (amil pelaksana harian, fasilitator dan mustahik program pembiayaan), teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengolahan data yang digunakan adalah data reduction, data display dan conclusing drawing/verification (penarikan kesimpulan). Implementasi program pembiayaan syariah di BAZMA Asset 3 PT. Pertamina EP. wilayah Cirebon sudah berjalan dengan baik hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui program pembiayaan syariah dengan akad qardh al-hasan, namun dalam implementasinya diperlukan perbaikan, terlihat dari pelaksana program yang kurang menguasai program pembiayaan syariah dan implementasi program pembiayaan syariah yang belum sesuai dengan standar operasional prosedur serta sarana, prasarana dan teknologi yang kurang memadai.
Deskripsi: Kata Kunci : Implementasi, Program Pembiayaan Syariah, Kesejahteraan, Ekonomi Masyarakat. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2W%2By%2B0NhZEYmMrUxhSye%2BV4Yqn%2BJTeSvzWgmUnyWIEwpF3D7GBoRYODbXSDanNbbMDMK7UCBPcljCMBAoFaX%2BA2eRDk%2FYX4dQZn3qb4D1nbrc%2FO4atLvfPknRYGk57aeF9texSCIKuXklCqOijThcMLpGbOKrWsxyg%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273672450_MUCHAMAD TAUFIK K..pdf 1.563Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273673592_Untitled.jpg 133.9Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIAYAAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (BAZMA ASSET 3 PT. PERTAMINA EP. CIREBON)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya