Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Kelompok B di RA Babussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Kelompok B di RA Babussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
JULPAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK
JULPAH. NIM. 2014.3.2.00149 “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELOMPOK B di RA BABUSSALAM DESA KARANGKENDAL KECAMATAN KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON”.
Kemampuan membaca permulaan hendaknya dilakukan melalui aktivitas belajar sambil bermain, dan bermain sambil belajar. Dengan memberi rangsangan salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran secara tepat dan sesuai prinsip pembelajaran di Taman Kanak-kanak.Pemilihan media belajar yang tepat salah satu media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf bergambar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penerapan media kartu huruf bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B RABabussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon.
Rumusan masalah meliputi: Seberapa baik kemampuan membaca permulaan pada Kelompok B di RA Babussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon sebelum menggunakan media kartu huruf bergambar, Seberapa baik kemampuan membaca permulaan pada Kelompok B di RA Babussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan media kartu huruf bergambar, Seberapa besar perbedaan kemampuan membaca permulaan pada Kelompok B di RA Babussalam Desa Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan media kartu huruf bergambar.
Langkah – langkah dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dihimpun dianalisis melalui uji skor ideal. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B RA Babussalam Karangkendal berjumlah 20 anak.
Hasil data penelitian kemampuan membaca permulaan anak sebelum penerapan media kartu huruf bergambar berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan bahwa 55%. Sedangkan Kemampuan membaca permulaan anak sesudah penerapan media kartu huruf bergambar berdasarkan hasil analisis skor ideal didapatkan 86,00%. Analisis hasil perbandingan nilai thitung= 8,505. Nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel pada db = 20-2=18 dengan signifikan di angka 0,05 (5%). Didapatkan ttabel sebesar 1,734. Berdasarkan ketentuan jika thitung > ttabel, maka Ho di tolak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel(8,505>1,734) yang artinya bahwa Ho (hipotesis nihil ditolak), yang artinya terdapat perbandingan yang signifikan dari kemampuan membaca permulaan anak kelompok B RA Babussalam Karangkendal sebelum dan sesudah menggunakan media kartu huruf bergambar.
Kata kunci: efektivitas, media kartu bergambar, membaca permulaan |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Efektivitas Penggunaan Media Kartu Huruf Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2UysRbG3QPeu%2BXHsvNsB0r%2FmKP3YxVQCrF4WxsxenBDJUu3dNRg9maMVuqyGdTfDYzLvfwe5cn70qp3mGvWVV7NTRR76BkF%2BhFDlrzD3lVo3inqc2Db041QtsRg3xMJ9dXCrNqMVPb32XrFwnHcf9jm8RQAeLYUZUA%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap