MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) PADA ANAK KELOMPOK B RA DARUL ULUM GEGESIK KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) PADA ANAK KELOMPOK B RA DARUL ULUM GEGESIK KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENCARI JEJAK (MAZE) PADA ANAK KELOMPOK B RA DARUL ULUM GEGESIK KABUPATEN CIREBON
Penulis: HJ. KUMAESA
Abstrak: Berdasarkan hasil pra survei ditemukan fakta lapangan bahwa kemampuan anak kelompok B RA Darul Ulum Gegesik kabupaten Cirebon dalam mengenal huruf masih rendah dan kurang maksimal. Faktor penyebabnya adalah strategi dan metode belajar yang kurang tepat. untuk mengatassi permasalahan tersebut, selanjutnya diterapkan permainan mencari jejak (maz) dalam rangka meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf. penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui kondisi obyektif kemampuan anak mengenak huruf. 2) untuk mengetahui pelaksanaan siklus dalam upaya meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf menggunakan permainan mencari jejak (maze) penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. pengumpulan data dilakukan dengan observasi kepada setiap anak di Kelompok B RA Darul Ulum Gegesik Kabupaten Cirebon yang berjumlah 22 anak hasil penelitian : 1) kondisi obyektif kemampuan anak mengenal huruf pada kelompok B RA Darul Ulum Gegesik Kabupaten Cirebon berdasarkan hasil penelitian awal samapai pada pelaksanaan siklus menunjukkan adanya perubahan positif dan peningkatan yang cukup signifikan. 2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan permainan mencari jejak (maze) dalam meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf pada kelompok B RA Darul Ulum Gegesik Kabupaten Cirebon diperlihatkan dengan antusias belajar anak pada proses pembelajaran yang berjalan dengan sangat baik sebagaimana data pada tiap siklus yaitu pada siklus I antusias anak berjalan dengan baik hanya sebesar 47 %, suklus II antusias anak mengalami peningkatan dan berjalan dengan baik sebesar 74%, dan pada siklus III antusias anak semakin mengalami peningkatan sebesar 89%. 3) kemampuan anak mengenal huruf menggunakan permainan mencari jejak (maze) pada kelompok B RA Darul Ulum Gegesik Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan tiap siklus yaitu siklus I hanya sebesar 6%, pada siklus II meningkat menjadi 34% dengan tingkat kenaikansebesar 28%, dan pada siklus III menjadi lebih baik menjadi 84% dengan tingkat kenaikan sebesar 50% yang menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf meningkat cukup tinggi pada tiap siklus. kesimpulan penelitian ini adalah melalui permainan mencari jejak (maze) dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf. kata kunci : Mencari Jejak(maze), Mengenal Huruf
Deskripsi: Kata Kunci : Mencari Jejak(maze), Mengenal Huruf Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/243
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya