Efektifitas permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok B TK Nurussa'adah Desa Panemnahan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Publikasi Unusia

Efektifitas permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok B TK Nurussa'adah Desa Panemnahan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Efektifitas permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok B TK Nurussa'adah Desa Panemnahan Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon
Penulis: MISNANAH
Abstrak: ABSTRAK MISNANAH. NIM. 2014.3.2.00283. EFEKTIVITAS PERMAINAN KARTU ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM NURUSSA’ADAH DESA PANEMBAHAN KEC. PLERED KABUPATEN CIREBON Penelitian ini membahas “Efektivitas Permainan Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Kelompok B TK Islam Nurussa’adah Desa Panembahan Kec. Plered Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan mengenal angka anak di TK Islam Nurussa’adah Desa Panembahan Kec. Plered Kabupaten Cirebon, dimana kemampuan mengenal angka ini penting bagi anak baik ketika bermain atau berada dilingkungan sosialnya ataupun untuk kebutuhan lainnya yang memerlukan kemampuan mengenal angka. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka anak kelompok B di TK Islam Nurussa’adah Desa Panembahan Kec. Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif One Group Pretest Postest Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpul data tentang efektifitas permainan kartu angka (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskiptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan mengenalangka. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari penghitungan statistik dengan Uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan mengenal angka sebelum dan sesudah perlakuan permainan kartu angka. Pada hasil pretest kemampuan mengenal angka anak hanya 38,33%atau berada pada tabel klasifikasi persentase Kurang Sekali , dan pada hasil postest kemampuan mengenal angka anak 88,75% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Sangat Baik. Kemampuan bercerita sebelum dan sesudah juga berbeda signifikan, ini ditunjukkan oleh thitung (43,21) e (2,09) ttabel, dengan taraf signifikansi 5% yang berarti pernyataan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas permainan kartu angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutamanya perkembangan dalam kognitif.
Deskripsi: Kata Kunci : permainan kartu angka, kemampuan mengenal angka, efektivitas Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2V4nrGUjaLiMZHONN7cKl4EbWlqQ%2Fs%2BA%2BVJyGqyta5ZmD2kgnszX%2BasyZ6AKFoatwYssCErnYvMgGVnF%2FJrR0y5mBw6SeL5mx667XIaLwZwLAicLTKSLS4rrlhNf2mQgYahVfKk6x5ymA8SDx2q8fizl7flckJY7L8%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273626903_BAB IV MISNANAH REVISI.pdf 966.0Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya