STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
(STUDI KASUS CATERING RIVA CAKE JALAN GUNUNG MERAPI D.12 NO.193 PERUMNAS CIREBON)
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
STRATEGI MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN
(STUDI KASUS CATERING RIVA CAKE JALAN GUNUNG MERAPI D.12 NO.193 PERUMNAS CIREBON) |
Penulis:
|
RIVA HUSNU AFIFAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK RIVA HUSNU AFIFAH, NIM: 2014.1.3.00195 berjudul: “Strategi Marketing Syariah dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi KasusCatering Riva CakeJalan Gunung Merapi D.12 No.193 Perumnas Cirebon).” Penelitian ini mengarah pada suatu permasalahan mengenai strategi marketing yang belum optimal di Catering RivaCake Jalan Gunung Merapi D.12 No.193 Perumnas Cirebon dan belum pahamnya beberapa pelaku usaha mengenai strategi marketing syariah. Hal ini menjadi alasan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam mengenai strategi marketing yang diterapkan di Catering RivaCakedan apakah Catering RivaCaketelah menerapkan marketing syariah, untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh strategi marketing syariah dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada suatu perusahaan. Syariah Marketing merupakanstrategi bisnisyang harus memayungi seluruh aktivitas dalam sebuah perusahaan, meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai, dari seorang produsen, atau satu perusahaan, atau perorangan, yang sesuai ajaran Islam.Loyalitas pelanggan merupakan kecenderungan pelanggan untuk memilih nilai organisasi yang ditawarkan di atas alternatif tawaran organisasi pesaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengambilan sampel dan sumber data menggunaan purposive sampling , teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan teknik analisis data flow model (metode mengalir) mealui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menggunakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian, strategi marketing syariah telah diterapkan di Catering RivaCake, ditandai dengan menerapkan beberapa karakteristik marketing syariah, diantaranya teistis (rabbaniyyah) dan realistis (al-waqiyyah). Loyalitas pelanggan Catering RivaCake sangat baik ditandai dengan kepuasan pelanggan dan tidak ditemukannya complain dari pelanggan. Marketing syariah terbukti sangat memepengaruhi loyalitas pelanggan di Catering RivaCake. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan kesimpulan bahwastrategi marketing syariah mempengaruhi loyalitas pelanggan di Catering RivaCake, dengan strategi marketing syariah yang ditetapkan dapat meningkatkan tingkat kesetiaan atau loyalitas pelanggan. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kata kunci: MarketingSyariah, loyalitas pelanggan.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2VXZxBka3cWjoXiVMsLY%2FonAYQyXINnCCiDBsTCg697re3Mu114xn17hm9LT2W3A9qJY%2BndIgiS8sMaKYFR8fz5Ys27E%2FK78cfHXiEOw6R%2FvceMJTtM4WnF5pn646fWRheHKdAeQIbV56cSilVZpzrDrCOhnEuB5cY%3D
|
Tanggal:
|
2019-07-01 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap