Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Wisata Religi Di Cirebon (Studi Kasus: ObjekWisataMakam Sunan Gunung Jati)

Publikasi Unusia

Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Wisata Religi Di Cirebon (Studi Kasus: ObjekWisataMakam Sunan Gunung Jati)

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Wisata Religi Di Cirebon (Studi Kasus: ObjekWisataMakam Sunan Gunung Jati)
Penulis: ALFI QOMARIYAH
Abstrak: ABSTRAK ALFI QOMARIYAH, NIM: 2014.1.3.00236 berjudul “Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam dalam Pengelolaan Wisata Religi di Cirebon (Studi Kasus: Objek Wisata Makam Sunan Gunung Jati). Penelitian ini mengarah pada suatu permasalahan tentang penerapan nilai- nilai etika bisnis Islam dalam pengelolaan pariwisata yang ada objek wisata religi makam sunan gunung jati, hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam dan pengelolaan objek wisata religi makam sunan gunung jati. Etika bisnis Islam adalah serangkaian aktivitas bisnis dalam berbagai bentuknya yang tidak dibatasi, namun pelaksanaan bisnis harus tetap berpegang pada ketentuan syariat. Dengan kata lain, syariat merupakan nilai utama yang menjadi payung strategis maupun taktis bagi pelaku kegiatan bisnis. Apabila pariwisata dipandang sebagai komoditi bisnis, maka aktivitas pelaku bisnis yang memiliki akhlak mulia, dan yang dikenal dengan muamalah, sebenarnya bukan sekedar mengejar keuntungan duniawi, tetapi juga mengejar keuntungan ukhrawi. Itulah hakikat dari pelaku bisnis yang berhasil. Penelitian ini termasuk pada kategori field research (penelitian lapangan). Penelitian menggunakan metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian, Implementasi/penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam pada objek wisata religi Makam Sunan Gunung Jati, dari empat prinsip etika bisnis Islam baru satu prinsip yang diterapkan yaitu prinsip otonomi dan tiga prinsip lainnya, yaitu prinsip kejujuran, prinsip tidak berbuat jahat dan berbuat baik, dan prinsip hormat pada diri sendiri belum diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan (1) Implementasi/penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam pada objek wisata religi Makam Sunan Gunung Jati, dari empat prinsip etika bisnis Islam baru satu prinsip yang diterapkan dan tiga prinsip lainnya belum diterapkan. (2) Kenyamanan pengunjung di objek wisata religi makam Sunan Gunung Jati belum memenuhi tiga aspek yang harus diperhatikan dalam memberikan kenyamanan pengunjung objek wisata. Dari tiga aspek tersebut baru dua aspek yang terpenuhi, sedangkan untuk satu aspek lainnya masih belum terpenuhi. (3) Kendala yang dihadapi dalam melakukan penerapan nilai-nilai etika bisnis Islam di objek wisata makam sunan gunung jati yaitu, belum adanya peraturan yang mengatur terkait ketertiban umum di objek wisata religi makam Sunan Gunung Jati, keterbatasan wewenang yang dimiliki oleh pemerintah setempat, serta keterbatasan SDM yang memiliki kemampuan teknologi informasi dan pemahaman mengenai etika bisnis Islam.
Deskripsi: Kata Kunci : Wisata Religi dan Bisnis Islam Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=wWzra%2BqIc2UXOob2cLfbR9rJl9sRyrlnyx2Bn35ychk%2BnV7cZwBRIitjGUF5NYQg9%2FcXObzbMs91B5Xhpj1jx0r4AlG%2FobY3hlIAKmxtzYW90Zrxeo7Scl%2BJRHU%2F6PilQCp1xrMUmvyXhgYw6eX2TS96ZLsH1MvfqLL4Ly5zwxc%3D
Tanggal: 2019-07-01


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273589705_Skripsi_Alfi Qomariyah.pdf 979.0Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273590363__20190619_120051.jpg 37.53Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis Penerapan Nilai-Nilai Etika Bisnis Islam Dalam Pengelolaan Wisata Religi Di Cirebon (Studi Kasus: ObjekWisataMakam Sunan Gunung Jati)

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya