EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN
Penulis: HADIYANA
Abstrak: ABSTRAK HADIYANA. NIM. 2015.1.18.1.02061 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MIFTAHUTTHOLIBIN Salah satu permasalahan dalam pendidikan yang mengarah pada proses pembelajaran. Beberapa tenaga pendidik di sekolah masih ada yang menyampaikan materi pembelajaran dengan metode konvensional sehingga peserta didik pasif dalam kegiatan pembelajaran peserta didik untuk belajar menjadi rendah sehingga berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MA Miftahuttholibin. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah (1) Ada pengaruh Make A Match terhadap hasil belajar. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan t-hitung diperoleh angka sebesar 29,745. Jika dibandingkan dengan t-tabel, maka t-hitung lebih besar t-tabel yakni 29,745 > 2,0452. Dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran AkidahAkhlak di kelas XI IIS B MA Miftahuttholibin. (2) Besarnya pengaruh penggunaan Model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajarsiswa diperoleh nilai rata – rata sebesar 81,40. Nilai rata – rata tersebut apabila dipersentasikan dengan kategori analisis skor ideal, maka termasuk dalam katagori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak. Kata kunci : Efektivitas, Make a Match, hasil belajar.
Deskripsi: Kata Kunci : Efektivitas, Make a Match, Hasil Belajar Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/211
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya