Abstract:
ABSTRAK HIKMAH AL-ALAWIYAH. NIM. 2015.1.18.1.02158. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS XII MA NURUL HUDA BERINGIN CIREBON. Skripsi ini membahas Efektivitas model pembalajaran make a match terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XII MA Nurul huda Beringin Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam adalah hasil belajar siswa kurang karena dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MA masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang menarik perhatian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas XII MA Nurul huda beringin sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif siswa kelas XII MA Nurul Huda beringin yang berjumlah 38 hanya 20 siswa yang menjadi sampel sebagai responden. Berdasarkan analisis data dengan kriteria skor ideal dihasilkan bahwa pembelajaran sejarah kebudayaan Islam setelah menggunakan model pembelajaran make a match dikelas XII MA Nurul Huda beringin di dapatkan melalui observasi terhadap 20 peserta didik maka nilai rata-rata peserta didik sebesar 82,35 dan termasuk kategori baik, dengan presentase 66,67% termasuk kategori Cukup sedangkan termasuk kategori rendah dengan presentase 33,33%. Uji Normalitas data yang didapatkan bahwa variabel X1 (Hasil pretest) menunjukkan data yang normal dengan X²hitung ≤X²tabel, atau 2532682 ≤ 3,841. Sementara variabel X2 (Hasil posttest) menunjukkan data yang normal dengan X²hitung ≤ X²tabel atau 152928 ≤ 3,841. Sedangkan uji Homogenitas data antara Variabel X1 dan X2 didapatkan bahwa Fhitung ≤ Ftabel, atau 7,51 ≤ 0,82. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini homogen. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukkan bahwa thitung≥ttabel, atau 7,4698 ≥ 2,074 maka Ho ditolak artinya signifikan, dengan demikian adanya perbedaan antara Variabel X dan Variabel Y. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MA Nurul huda beringin kecamatan pangenan Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran make a match.