MANAJEMEN PROGRAM PARENTING DI TK KARAKTER INDONESIA HERITAGE FOUNDATION KOTA DEPOK

Publikasi Unusia

MANAJEMEN PROGRAM PARENTING DI TK KARAKTER INDONESIA HERITAGE FOUNDATION KOTA DEPOK

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: MANAJEMEN PROGRAM PARENTING DI TK KARAKTER INDONESIA HERITAGE FOUNDATION KOTA DEPOK
Penulis: Ida Farida
Abstrak: Manajemen Program Parenting di TK Karakter IHF Kota Depok Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak terutama anak usia dini sangatlah penting demi mewujudkan optimalisasi perkembangan anak di masa emasnya, adanya kesamaan visi dan pola asuh antara orang tua dan dan pihak sekolah dalam memberikan pendidikan dan pola pengasuhan yang saling bersinergi membutuhkan sebuah program parenting Penelitian Managemen Program Parenting Berbasis Karakter di TK Karakter Indonesia Heritage Foundation Kota Depok merupakan fokus penelitian, dimana program parenting berbasis karakter adalah program yang berbeda dengan program parenting parenting yang sudah ada karena programnya sudah tersusun secara sistematis dan terencana dalam mengembangkan karakter anak usia dini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen program parenting berbasis karakter mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasannya. Dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dengan sumber data perposive sampling, meliputi direktur, kepala sekolah TK Karakter, pengurus komite sekolah, wali murid TK Karakter.Instrumen penelitainnya peneliti dengan pengumpulan data secara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, perencanaan Program Parenting di TK Karakter dilakukan dengan membuat program parenting berbasis karakter, mensinergikan kurikulum sekolah dan kegiatan parenting, mengidentifikasi kebutuhan orangtua dan merumuskan kegiatan parenting yang disesuaikan kebutuhan orang tua, Pengorganisasian program parenting di TK Karakter kota Depok dilakukan dengan melibatkan Komite Sekolah dan membuat job deskripsi masing-masing bagian, menyusun program, menyusun jadwal kegiatan dan mengidentifikasi. Pelaksanaan Program Parenting di TK Karakter dilakukan dengan melaksanakan pelakssanaan program parenting terdiri dari Program Parenting sharing , Program parenting yang disesuaikan dengan program kegiatan sekolah dan program parenting dalam rangka pengaliran pilar karakter dirumah.Pengawasan Program Parenting di TK Karakter kota Depok secara menyeluruh dilakukan oleh bidang koordinator, untuk kemudian kordinator bidang mendiskusikannya dengan ketua komite, kepala sekolah dan direktur. Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang program parenting berbasis karakter sebagai salah satu kajian bidang kajian ilmu pendidikan yang mampu meningkatkan pendidikan dan pola asuh anak usia dini terutama tentang pendidikan karakternya. Kata kunci : Manajemen, Program, Parenting, Karakter
Deskripsi: Kata Kunci : Manajemen, Program, Parenting, Karakter Referensi :
URI: https://drive.google.com/uc?export=view&id=1rGeK2qur7Xl2oRKAS3keHmX_UKWHcSqB
Tanggal: 2021-12-18


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya