MANAJEMEN STRATEGI MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK SMART AULADI KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
MANAJEMEN STRATEGI MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK SMART AULADI KOTA CIREBON |
Penulis:
|
Hepy Roselah
|
Abstrak:
|
Mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas diperlukan suatu strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai seorang menejer dalam lembaga yang dipimpinnya. Dengan demikian manajemen strategi kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah sangatlah berpengaruh pada ketercapaian mutu pendidikannya, karena dengan manajemen strategi yang tepat, mutu pendidikan akan dapat dicapai dengan optimal dan akan dapat mewujudkan sekolah yang berkualitas dan bermutu. Ada tiga tahapan strategi manajemen menurut Husein Umar yaitu perumusan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan startegis sebagaimana manajemen srategi yang sudah diterapkan oleh kepala Taman Kanak-kanak Smart Auladi Kota Cirebon dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perumusan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) keputusan-keputusan startegis manajemen strategi mutu pada Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Smart Auladi Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah Kepala TK Smart Auladi dan koordinator guru, yang memegang manajemen di sekolah ini. Hasil penelitian ini ditemukan perumusan manajemen strategi yang sangat baik dalam meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini melalui perumusan program-program kegiatan dengan melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal dan pemilihan straregi yang tepat untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, Ditemukan penerapan (implementasi) dalam pelaksanaan manajemen yang sangat baik melalui strategi program kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, hubungan masyarakat dan komite sekolah serta strategi program peningkatan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Ditemukan pula pengawasan manajemen yang sangat baik melalui supervisi program kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, dan pelaksanaan evaluasi pada proses pembelajaran. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Manajemen, Strategi, Mutu.
Referensi : |
URI:
|
https://drive.google.com/uc?export=view&id=13OIBurH-Cldsv1KEB-aFjFQAOeMJMKQK
|
Tanggal:
|
2021-12-17 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap